Wednesday, April 4, 2012

MANFAAT DAUN SUKUN

Pada awalnya seorang kerabat dekat saya(penulis) mengeluh sakit, yang ketika saya tanyakan ternyata beliau mengalami sakit ginjal. beberapa dokter dan rumah sakit sudah beliau datangi, hal hasil kini ginjalnya hanya berfungsi 21%. yang membuat saya kaget adalah, ternyata ginjalnya hanya satu. tergerak hati saya untuk menolong , akhirnya saya memutuskan membuka Serat Bhumi Acitya sebuah Kitab ilmu Pengobatan yang saya miliki. Sebuah Kitab yang terbuat dari lontar berusia ratusan tahun, yang mana berisi berbagai macam ilmu hidup yang diantaranya adalah ilmu pengobatan tradisional.

Saya menemukan solusi untuk kerabat saya tersebut dengan pengobatan menggunakan Daun Sukun, atau bahasa jawa baratnya adalah Breadfruit leaf Hehehehe.... atau, ilmu dan bahasa yang saya kenal sewaktu kuliah di FKIP Biologi Pakuan Bogor adalah Artocarpus communis Forst.
Dengan Klasifikasi sebagai berikut:
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua atau dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus: Artocarpus 
Spesies: Artocarpus communis Forst


Pada daun sukun terdapat kandungan senyawa seperti Riboflavin, Tanin, Asam Hidrosianat, dan masih banyak kandungan senyawa lainnya. adapun cara pengobatannya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan Daun Sukun yang telah dikeringakan sehingga menjadi berwarna coklat
2. remaslah atau hancurkanlah menjadi kecil-kecil
3. Cucilah dengan air bersih
4. Ambillah sebanyak 1,5 genggam orang dewasa
5. Rebuslah dengan air dengan takaran 4 gelas
6. jadikanlah rebusan hingga takaran menjadi 1 gelas air
7. saringlah air rebusan tersebut, air rebusan tersebut akan berwarna kemerahan

Cara Konsumsi:
-Setiap hari 1 gelas

Selain untuk fungsi kinerja Ginjal didalam penyembuhannya, daun sukun juga dapat menyembuhkan atau menurunkan tingkat klesterol dalam tubuh manusia. Daun Sukun juga berfunsi sebagai penyembuh Asam urat dan reumatik. Konsumsilah dengan rutin dan teratur rebusan Daun Sukun tersebut, Hasil rebusan Daun Sukun tidak terasa pahit dan tidak menyebabkan begah pada perut atau mual-mual.


Kembali pada pengalaman sebelumnya, hal hasil kerabat saya yang telah mengkonsumsi rebusan daun sukun tersebut dalam waktu 1 bulan telah mendapatkan hasilnya dengan sangat baik, fungsi ginjalnya telah membaik jauh ketimbang sebelumnya. tubuh juga akan mengalami peningkatan metabolisme yang bagus, tubuh menjadi tidak lemas. dan jangan lupa, tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kesembuhan yang kita minta kepada-Nya. dan semoga informasi ini juga berguna bagi khalayak luas. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment